Senin, 6 Februari 2023

4 Tahun Kabur, Mantan Panglima GAM Langsung Ditahan KPK, Ini Rangkaian Kesalahannya

- Kamis, 26 Januari 2023 | 09:59 WIB
KPK
KPK


RBG.ID – Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Izil Azhar akhirnya mendekam di Rumah Tahanan Negara (Rutan) KPK, Rabu (25/1).

Tersangka dugaan penerimaan gratifikasi sebesar Rp 32,45 miliar bersama mantan Gubernur Naggroe Aceh Darussalam (NAD), Irwandi Yusuf tersebut bakal menjalani serangkaian penyidikan di KPK.

Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto menjelaskan Izil bakal ditahan untuk 20 hari ke depan atau sampai 13 Februari mendatang di Rutan KPK pada Kavling C1 gedung ACLC KPK. Karyoto menyebut dalam perkara gratifikasi ini, Izil ditengarai berperan sebagai pengepul uang untuk Irwandi Yusuf.

Baca Juga: Ini Arti Kartu Putih yang Dikeluarkan Wasit dalam Pertandingan Sepakbola

”Gratifikasi utama PN-nya (penyelenggara negara, Red) adalah yang dulu (Irwandi Yusuf, Red),” ujarnya dalam konferensi pers.

Karyoto menjelaskan, penangkapan dan penahanan Izil bakal menjadi pintu masuk KPK untuk melakukan penelusuran terhadap aliran uang gratifikasi. Mulai darimana sumber uang hingga kemana uang tersebut dialirkan.

”Baik tracing dari rekening akan bisa ketahuan dia mendapatkan dari siapa, dan kemana larinya, tentunya akan masih bisa berkembang,” ujarnya.

Baca Juga: KPK Periksa Empat Pimpinan DPRD dan Kepala OPD

Penelusuran itu penting lantaran di persidangan Irwandi Yusuf sebelumnya, penerimaan gratifikasi Rp 32,45 miliar yang disebut KPK belum sepenuhnya terbukti.

Itu seiring Izil yang merupakan saksi mahkota perkara tersebut tidak dapat dimintai keterangan di tingkat penyidikan.

Halaman:

Editor: Lucky Lukman Nul Hakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Data Fakta Bersiap Sambut 1 Abad Nahdlatul Ulama

Minggu, 5 Februari 2023 | 10:43 WIB
X