Senin, 6 Februari 2023

Sejarah, Wasit Keluarkan Kartu Putih dalam Pertandingan Sepakbola

- Kamis, 26 Januari 2023 | 09:44 WIB
Wasit Catarina Campos mengeluarkan kartu putih dan diberikan kepada staf medis Benfica dan Sporting Lisbon. Ini merupakan sejarah baru dalam sepak bola seorang wasit memberikan kartu putih dalam pertandingan resmi. (Mundo Deportivo)
Wasit Catarina Campos mengeluarkan kartu putih dan diberikan kepada staf medis Benfica dan Sporting Lisbon. Ini merupakan sejarah baru dalam sepak bola seorang wasit memberikan kartu putih dalam pertandingan resmi. (Mundo Deportivo)

RBG.ID-Selama memimpin pertandingan sepakbola, wasit selalu dibekali dengan kartu kuning dan kartu merah. Sebab, selama ini dalam pertandingan sepakbola hanya dikenal dua kartu yang diberikan wasit kepada pemain yang melakukan pelanggaran.

Kartu kuning diberikan wasit sebagai peringatan kepada pemain di lapangan karena dianggap melanggar lawan secara kasar, memprotes keras wasit, berperilaku buruk terhadap lawan, maupun berperilaku kurang sopan terhadap suporter.

Tak hanya pemain, kartu kuning juga bisa diberikan kepada pelatih, pemain cadangan di bench, dan ofisial tim. Sementara kartu merah diberikan kepada pemain yang berarti harus meninggalkan lapangan pertandingan atau bahasa kasarnya pengusiran.

Baca Juga: Portugal Tersingkir, Pepe Kecam Kepemimpinan Wasit Asal Argentina

Hal sama berlaku bagi pelatih, pemain cadangan di bench, maupun ofisial tim. Wasit mengeluarkan kartu merah ketika pemain bersangkutan mendapat dua kartu kuning.

Namun, baru-baru ini ada pemandangan tak biasa di sebuah pertandingan sepakbola profesional. Seorang wasit, kebetulan wasit perempuan, mengeluarkan kartu putih di tengah pertandingan.

Tentu saja ini adalah hal yang tak lazim dalam pertandingan sepakbola dan merupakan kejadian pertama kali di sepakbola. Sejarah baru di sepakbola itu terjadi pada Sabtu (21/1/2023).

Baca Juga: Penunjukan Wasit asal Qatar Pantik Kontroversi

Hal itu terjadi dalam pertandingan Piala Portugal Wanita di Estadio da Luz yang mempertemukan Benfica melawan Sporting Lisbon. Jelang babak pertama berakhir, wasit perempuan yang memimpin laga tersebut dan bernama Catarina Campos, memberikan kartu putih.

Halaman:

Editor: Alpin.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBVSI Segera Umumkan Skuad SEA Games

Senin, 6 Februari 2023 | 15:21 WIB

Kemenangan PSG Jadi Kebebasan Bagi Lionel Messi

Senin, 6 Februari 2023 | 15:00 WIB

Manchester City Gagal Pangkas Jarak dengan Arsenal

Senin, 6 Februari 2023 | 08:27 WIB

Suka Cita Gol Pertama Haller Setelah Bebas dari Kanker

Minggu, 5 Februari 2023 | 09:22 WIB

Gareth Bale Alih Profesi Sebagai Atlet Golf

Sabtu, 4 Februari 2023 | 15:59 WIB

8 Nama Pengusik Mikel Arteta

Sabtu, 4 Februari 2023 | 13:08 WIB

Gareth Bale Gugup Saat Main di PGA Tour

Sabtu, 4 Februari 2023 | 12:13 WIB

Tidak Ada Alasan Jorginho Tidak Main Lawan Everton

Sabtu, 4 Februari 2023 | 09:31 WIB

Setelah 20 Tahun Vakum, Ford Kembali ke Formula 1

Sabtu, 4 Februari 2023 | 09:15 WIB
X