RBG.ID - Workshop Pembelajaran Berbasis Digital Marketing diselenggarakan oleh Prodi Manajemen Agribisnis Sekolah Vokasi IPB sebagai pembekalan skill bagi mahasiswa yang diharapkan dapat mendorong minat generasi muda untuk menjadi seorang wirausahawan.
Hal itu terus digencarkan sebagai sumber ekonomi baru bagi mahasiswa Sekolah Vokasi IPB di tengah tingginya persaingan lapangan pekerjaan yang mempersempit kesempatan bagi lulusan baru.
Kegiatan workshop Sekolah Vokasi IPB tersebut turut dihadiri Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama, dan Pengembangan Sekolah Vokasi IPB, Anita Ristianingrum beserta tiga narasumber berpengalaman, yaitu Founder PT. Diciri Konsultan Pemasaran Digital Ponco Pamungkas, Founder aplikasi Madsaz dan Abizar Daffa sebagai Digital Media Executive M&C Saatchi Performance APAC.
Baca Juga: 816 Mahasiswa IBI Kesatuan Bogor Wisuda, Rektor Ungkap Kunci Sukses di Masyarakat
Kegiatan workshop Sekolah Vokasi IPB berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 4-5 November 2023.
Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama, dan Pengembangan Sekolah Vokasi IPB, Anita Ristianingrum mengungkapkan, kemampuan Digital Marketing sangat dibutuhkan di tengah era kemajuan teknologi yang dapat meningkatkan produktifitas wirausahawan.
Menurutnya, digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat penting untuk memperkuat wirausahawan dalam bersaing dengan kompetitor.
"Tidak hanya itu, penerapan strategi tersebut juga dapat mendorong wirausahawan untuk bisa lebih inovatif dan dapat mengikuti perkembangan teknologi saat ini,” ujar Anita dalam Workshop Pembelajaran Berbasis Digital Marketing, Sabtu (4/11/2023).
Pada kesempatan yang sama Founder PT. Diciri Konsultan Pemasaran Digital, Ponco Pamungkas yang menjadi narasumber pertama acara tersebut mengungkapkan bahwa menjadi salah satu strategi periklanan yang dapat membantu mengembangkan suatu bisnis.
Strategi itu telah memudahkan wirausahawan dalam mengembangkan bisnis hanya berbekal media sosial.
“Digital Marketing dapat dimulai dengan aplikasi paling dasar seperti Whatsapp. Melalui pembagian gambar promosi di dalam aplikasi tersebut maka akan memperkenalkan produk kita kepada kerabat terdekat terlebih dahulu sehingga bisa menggaet pelanggan terdekat,” kata Ponco.
Memasarkan produk terlebih dahulu kepada kerabat terdekat akan lebih memudahkan untuk memulai strategi pemasaran awal dan menjadi wadah yang tepat untuk mengenalkan produk wirausahawan.
Artikel Terkait
Guru Besar IPB University Temukan Tanaman Terbaik untuk Antiobesitas dan Antidiabetes
Siap-siap, Tim Dosen Mengabdi Sekolah Vokasi IPB Latih Pokdarwis Kampung Wisata di Kota Bogor
Serba Plus-Plus di Reuni 30 Tahun ++ IPB 28, Yuk Simak Berbagai Programnya
Mahasiswa Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University Siap Menjadi Jurnalis
Dosen IPB Dorong Kemandirian Digital Desa Wisata di Kabupaten Nganjuk, Begini Caranya
Ada Program DMI IPB 2023, Pelaku UMKM di Ngajuk Siap Kembangkan Digitalisasi Produk
Ada Banyak Tips Sukses dalam Seminar Ekonomi Kreatif Awardee LPDP Sekolah Pascasarjana IPB, Yuk Simak Penjelasannya