RBG.ID - Viral kasus pembobolan dana nasabah yang melibatkan oknum pegawai Bank Jago berinisial IA. Pelaku akhirnya ditangkap pihak kepolisian usai diketahui membobol ratusan rekening milik nasabah yang telah diblokir.
Akibat pembobolan dana nasabah tersebut, kini pihak perusahaan Bank Jago mengalami total kerugian mencapai Rp1,3 miliar.
Kasus pembobolan tersebut berawal ketika pelaku IA yang saat itu masih berstatus sebagai contact center specialist, mengakses sistem dari Bank Jago.
Pelaku kemudian berhasil membuka 112 rekening nasabah yang diketahui telah terblokir karena hasil kejahatan.
Sang pelaku juga meminta anak buahnya yang bertugas sebagai agent command center untuk mengajukan permintaan membuka blokir 112 rekening tersebut. Mantan karyawan Bank Jago itu berhasil mencuri dana nasabah hingga Rp1,3 miliar.
Selanjutnya, dana yang ada di rekening tersebut dipindahkan ke rekening penampung yang sengaja telah disiapkan. Pelaku diketahui memindahkan uang dari rekening tersebut secara bertahap hingga akhirnya dana pun terkumpul mencapai Rp1,3 miliar.
Kepolisian Polda Metro Jaya akhirnya mengungkap motif pelaku yang berhasil membobol dana nasabah hingga Rp1,3 miliar tersebut.
Uang sebesar Rp1,3 miliar tersebut digunakan pelaku untuk keperluan pribadi dan juga jalan-jalan bersama keluarganya.
Atas perbuatannya, kini pelaku IA telah ditahan di Rutan Polda Metro Jaya
Baca Juga: Kangen kangenan, Alumni SMA PGRI 4 Bogor Angkatan 2000 akan Gelar Reuni
Pelaku dijerat dengan Pasal 30 ayat (1) juncto Pasal 46 ayat (1) dan atau Pasal 32 ayat (1) juncto Pasal 48 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dan/atau Pasal 81 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana dan/atau Pasal 3, Pasal 4, dan Pasal 5 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).
Berikut ini 3 fakta kasus karyawan Bank Jago yang membobol uang nasabah sebesar Rp1,3 miliar.
Artikel Terkait
BRI Resmikan Gedung Contact BRI Dengan Usung Konsep Customer Centricity Untuk Perkuat Pelayanan Nasabah
Suami Istri Kuras Rp 5,1 Miliar Uang Bank dengan Modus Membuka Rekening Nasabah Priority
Buntut Pencabutan Ijin Usaha, Yusuf Mansur Harus Bubarkan PayTren dan Kembalikan Dana Nasabah
19 Hari Hilang, Kolektor Koperasi Simpan Pinjam Ditemukan Tak Bernyawa: Jasad Dicor di Kolam Renang oleh Nasabah
Pegawai Bank Digital Bobol 112 Rekening Nasabah Raup Rp1,3 Miliar, Polisi Amankan Barang Bukti
Ini Penampakan Contact Center Specialist Bank Jago yang Bobol Duit Rp1,3 Miliar Alibi Kebutuhan Ekonomi, Taunya untuk Hal Ini
Mengenal Profil dari Bank Jago, Pelopor Bank Digital di Indonesia yang Kini Viral Usai Kasus Pembobolan Rekening Nasabah