Rabu, 31 Mei 2023

Ini Dia Alasan Mengapa Kurma Menjadi Salah Satu Menu Berbuka Saat Puasa

- Kamis, 30 Maret 2023 | 05:00 WIB
Berkat potensi manfaat kurma bagi kesehatan, jangan ragu untuk mengonsumsi kurma saat berbuka puasa. Namun, jangan makan terlalu banyak. Ikuti anjuran agar tidak membahayakan kesehatan Anda. (Foto: freepik, @azerbaijan_stockres)
Berkat potensi manfaat kurma bagi kesehatan, jangan ragu untuk mengonsumsi kurma saat berbuka puasa. Namun, jangan makan terlalu banyak. Ikuti anjuran agar tidak membahayakan kesehatan Anda. (Foto: freepik, @azerbaijan_stockres)

RBG.ID - Puasa merupakan salah satu kewajiban umat muslim di bulan yang penuh berkah ini.

Jadi Anda pasti tahu bahwa pola makan Anda berubah selama puasa, bukan? Biasanya kita makan tiga kali sehari, namun saat berpuasa kita makan dua kali dengan jarak waktu yang cukup lama.

Dengan kata lain, penting untuk memperhatikan asupan makanan yang dimakan, karena akan mempengaruhi jalannya puasa selanjutnya.

BACA JUGA: Simak Aturan Berbuka Puasa Saat Berada di Dalam Bus Transjakarta bagi Sahabat TiJe Sekalian

Misalnya, jika Anda berbuka puasa, Anda disarankan untuk berbuka dengan makanan atau minuman manis, termasuk kurma.

Rasanya tak meleset jika menyebut kurma sebagai primadona kala Ramadan tiba. Buahnya yang manis alami sering disajikan sebagai takjil atau makanan pembuka berbuka puasa.

Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM Prof. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB mengatakan, kurma memang ideal untuk berbuka puasa. Nilai gizi kurma menjadikannya pilihan yang tepat untuk berbuka puasa.

BACA JUGA: 5 Permainan Tradisional yang Bisa Kalian Coba Sambil Menunggu Buka Puasa

Kurma mengandung karbohidrat kompleks, serat dan mineral. Bahan-bahan tersebut sangat ideal dikonsumsi untuk berbuka puasa,” kata Ari dalam seminar publik dan media bertajuk Saran Guru Besar FKUI untuk Puasa Sehat.

Selain karbohidrat kompleks, serat dan mineral, kurma juga mengandung kalori yang cukup untuk memulihkan tenaga setelah sekitar 14 jam berpuasa.

Manfaat Kesehatan Dari Kurma

Kurma mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Menurut laporan dari buku Rahasia Kesehatan Kurma (2013) karya Pangkalan Ide, kurma mengandung vitamin A dan B, zat besi, asam nikotinat, thiamin, niacin, potasium, magnesium dan kalsium.

BACA JUGA: Asal Usul Ngabuburit: Kegiatan Menunggu Waktu Buka Puasa Selama Ramadan

Kurma juga baik untuk mengisi bahan bakar di dalam tubuh saat berpuasa, karena mengandung sedikit lemak, cukup serat dan banyak karbohidrat.

Halaman:

Editor: Halimatu Sadiah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah 5 Manfaat Lari untuk Kesehatan Mental

Minggu, 28 Mei 2023 | 12:15 WIB

Ternyata Manfaat Jus Nanas Baik untuk Kesehatan

Kamis, 18 Mei 2023 | 21:44 WIB
X