Jumat, 31 Maret 2023

Terkait Harta Tak Wajar Rafael Alun, KPK Akan Periksa Pejabat Pajak Jaktim Besok

- Senin, 13 Maret 2023 | 12:20 WIB
Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.
Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

 

RBG.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa Kepala Kantor pajak Madya Jakarta Timur, Wahono Saputro, Selasa (14/3) besok.

Wahono akan diminta keterangannya atas pusaran kasus kekayaan tak wajar mantan pejabat Direktorat Jenderal pajak (DJP) Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo.

“Informasi yang kami peroleh, benar besok (14/3), diagendakan klarifikasi Wahono Saputro pegawai Kemenkeu,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri dikonfirmasi, Senin (13/3).

Klarifikasi akan dilakukan oleh Tim Direktorat LHKPN KPK.

BACA JUGA:Uang Rp 37 M Rafael Alun di Bank BUMN Diduga dari Hasil Penerimaan Suap

Menurut Ali, klarifikasi dilakukan setelah tim KPK selesai melakukan pemeriksaan kepada aset Wahono sebagaimana tercatat dalam Laporan harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

“Klarifikasi ini dilakukan oleh tim LHKPN kedeputian pencegahan KPK setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan terhadap data LHKPN yang sudah dilaporkan yang bersangkutan ke KPK,” jelas Ali.

Permintaan keterangan ini, akibat diduga ada nama istri Wahono, sebagai pemegang saham di sebuah perusahaan properti bersama istri Rafael Alun Trisambodo, Ernike Meike Tondorek.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan menyampaikan, total harta kekayaan Wahono yang dilaporkan ke LHKPN sebesar Rp 1,4 miliar.

BACA JUGA:Bukan Lagi Jadi PNS, Rafael Alun Resmi Dipecat Kemenkeu

Meski demikian, ia menegaskan bahwa harta kekayaan yang diklarifikasi bukan perkara besar atau kecilnya.

“Karena dia nyangkut di nama perusahaan ini, istrinya ada di sana bersama dengan istri RAT. Oleh karena itu, kita undang beliau untuk klarifikasi minggu depan,” ujar Pahala di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (8/3).

Pahala berjanji akan mengungkapkan hasil klarifikasi harta kekayaan Wahono kepada publik.

Halaman:

Editor: Dewi Komalasari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X