Selasa, 7 Februari 2023

Jika Divonis Mati, Ferdy Sambo Disinyalir bakal Bongkar Skandal Perwira Polri

- Selasa, 24 Januari 2023 | 11:20 WIB
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo saat mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Jakarta.  (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo saat mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Jakarta. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

RBG.ID-JAKARTA, Sidang kasus pembunuhan Brigadir Yosua dengan terdakwa Ferdy Sambo, masih mengundang perhatian masyarakat. Dalam sidang sebelumnya, Ferdy Sambo sudah dituntut hukuman penjara seumur hidup.

Indonesia Police Watch (IPW) menilai jika mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Ferdy Sambo divonis hukuman mati, maka hal ini kemungkinan akan membuka tabir dugaan pelanggaran perwira Polri lainnya.

Ferdy Sambo sejauh ini dituntut hukuman seumur hidup oleh jaksa penuntut umum (JPU) dalam kasus dugaan pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Baca Juga: Tidak Puas Tuntutan Seumur Hidup, Keluarga Yosua Ingin Ferdy Sambo Divonis Mati

Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso mengatakan, Ferdy Sambo tentu akan membuat perlawanan jika sampai divonis mati. Menurut Sugeng, Ferdy Sambo akan membuat perlawanan terhadap sejumlah petinggi Polri yang selama ini ikut memeriksa dirinya sampai ke pengadilan.

“Kalau Sambo mendapat ancaman hukuman mati, dia sedang memperjuangkan hidup dan matinya. Kalau dia mendapatkan ancaman hukuman mati, perlawanannya akan mengeras,” kata Sugeng dalam keterangannya, Selasa (24/1/2023).

Sugeng mengakui, Ferdy Sambo saat berstatus anggota Polri merupakan perwira kepolisian yang disegani. Statusnya, sebagai Kadivpropam Polri, telah membuat dirinya terkenal karena membongkar sejumlah kasus, terutama skandal yang melibatkan kepolisian.

Baca Juga: Ini Pertimbangan Jaksa Menuntut Ferdy Sambo Penjara Seumur Hidup

Salah satu kasus yang ditangani Sambo terkait skandal tambang ilegal yang menyeret seorang perwira tinggi Polri. Sosok perwira yang dimaksud, kata Sugeng, terdapat dalam kesaksian tersangka kasus tambang ilegal Ismail Bolong, yakni Komjen Pol Agus Andrianto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim).

Halaman:

Editor: Alpin.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prabowo Muji Presiden Jokowi Setinggi Langit, Ada Apa?

Selasa, 7 Februari 2023 | 11:25 WIB

Jangan Panik! Lakukan Ini Jika Terjadi Gempa

Selasa, 7 Februari 2023 | 09:15 WIB

Dewan Pers Datangi Presiden, Ini yang Dibahas

Selasa, 7 Februari 2023 | 05:05 WIB

Kenali, Buah Langka Lobi-Lobi Mirip Ceri

Senin, 6 Februari 2023 | 20:38 WIB
X