Minggu, 21 Desember 2025

Konsisten Pertahankan Layanan Keterbukaan Informasi, Hutama Karya Kembali Jadi Badan Publik “Informatif”

- Selasa, 19 Desember 2023 | 17:26 WIB
BANGGA : PT Hutama Karya kembali mengukuhkan predikat tertinggi dalam layanan keterbukaan informasi publik sebagai Badan Publik Informatif
BANGGA : PT Hutama Karya kembali mengukuhkan predikat tertinggi dalam layanan keterbukaan informasi publik sebagai Badan Publik Informatif


RBG.ID – PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) menutup akhir tahun 2023 kembali
mengukuhkan predikat tertinggi dalam layanan keterbukaan informasi publik sebagai Badan Publik “Informatif” dengan peningkatan nilai sebesar 97.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres), K.H. Ma’ruf Amin kepada Wakil Direktur Utama Hutama Karya, Aloysius Kiik Ro dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat dan Kementerian Sekretariat Negara RI Sekretariat Wakil Presiden pada Kamis (19/12), di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dari Laporan Pelaksanaan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik sekaligus Penyerahan Anugerah oleh Ketua Komisi Informasi Pusat, Donny Yoesgiantoro, dan dilanjutkan dengan Pemberian Anugerah oleh Wapres, K.H. Ma’ruf Amin.

Baca Juga: Mau Rayakan Malam Tahun Baru di Puncak Bogor, Buruan Pesan Hotel dan Villa Sekarang Jangan Sampai tak Kebagian, Bakal Ada Puncak Festival

“Saya memandang Keterbukaan Informasi Publik adalah unsur suatu esensial dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik sekaligus sebagai salah satu penentu keberhasilan program-program reformasi birokrasi, selain itu saya memiliki suatu keyakinan bahwa transparansi informasi adalah jalan untuk merawat demokrasi yang tujuan akhirnya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ujar Wapres, K.H. Ma’ruf Amin dalam sambutannya pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023.

Sementara itu, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo menyampaikan pencapaian ini merupakan hasil dari konsistensi Pejabat Pengelola Informasi & Dokumentasi (PPID) Hutama Karya dalam menyelenggarakan visi dan misi perusahaan dalam pelayanan informasi publik sebagai nilai tambah perusahaan serta pelayanan informasi publik yang melebihi harapan pemohon informasi.

Baca Juga: Terminal Wisata Grafika Cikole Sediakan Area Paintball War Battle yang Cocok Untuk Dimainkan Beramai-Ramai, Biaya Sewanya Hanya Rp 50 Ribu

“Untuk meraih penghargaan tersebut, PPID Hutama Karya telah melalui rangkaian Monev dimulai
dari pengisian kuesioner hingga presentasi uji publik dengan Komisi Informasi Pusat. Kegiatan
monev ini berlangsung selama dua bulan, yakni pada Agustus - Oktober untuk menilai penyelenggaraan informasi publik oleh PPID Hutama Karya selama satu tahun terakhir,” ujar Tjahjo.

Lebih rinci, Tjahjo menyebutkan pada tahun ini PPID Hutama Karya melakukan sejumlah inovasi
layanan keterbukaan informasi publik seperti penguatan aksesibilitas layanan yang ramah disabilitas, eskalasi transparansi informasi publik di kanal digital, peningkatan kompetensi PPID secara menyeluruh, dan optimalisasi layanan digital yang terintegrasi.

Dalam upaya pemenuhan aksesibilitas layanan informasi, PPID Hutama Karya menambahkan widget aksesibilitas, menambahkan petugas PPID Harian Khusus “Disabilitas”, dan juga memperkuat akses khusus dalam layanan keterbukaan informasi publik fisik. Hal ini bertujuan menciptakan layanan yang adil untuk semua lapisan masyarakat.

Baca Juga: Chanyeol EXO Kembali ke Jakarta Bakal Gelar Fancon Bulan Maret 2024, EXO-L Siap-siap!

Sementara itu, dalam rangka eskalasi transparansi informasi publik, PPID Hutama Karya juga melakukan optimalisasi digital terkait informasi pengadaan, daftar aset, layanan operasional jalan tol, hingga progres proyek melalui diversifikasi konten pada berbagai media.

Sejalan dengan itu, untuk meningkatkan kompetensi, PPID Hutama Karya menginisiasi kegiatan Forum Edukasi tentang Keterbukaan Informasi Publik dengan menggandeng Komisi Informasi Pusat.

Kegiatan ini juga diikuti Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Infrastruktur lainnya sebagai langkah
akselerasi layanan informasi publik bersama. Adapun dari sisi peningkatan kecepatan dan tampilan layanan, PPID Hutama Karya juga melakukan integrasi laman web dan aplikasi PPID untuk otomasi layanan, serta pengkinian tampilan user friendly dan estetik.

Baca Juga: Spoiler dan Link Baca Manga Boruto Two Blue Vortex Chapter 5, Munculnya Uchiha Sasuke

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X