RBG.id - Menjadi mahasiswa yang aktif di perkuliahan sekaligus terlibat dalam organisasi adalah tantangan yang besar.
Kedua aktivitas ini sama-sama penting, baik untuk peningkatan kompetensi akademik maupun pengembangan softskill yang akan berguna di masa depan.
Namun, banyak mahasiswa kesulitan dalam membagi waktu antara tugas kuliah dan aktivitas organisasi.
Baca Juga: Komedian Lee Jin Ho Ngaku Terjerat Kasus Perjudian Ilegal Sejak 2020 hingga Numpuk Utang Miliaran
Berikut adalah beberapa tips mengelola waktu dengan edektif agar sukses di pendidikan dan organisasi tersebut:
1. Jadikan Jadwal sebagai Panduan Utama
Menyusun jadwal terstruktur adalah langkah pertama yang sangat penting. Kamu bisa mencatat semua aktivitas harian seperti jadwal kuliah, rapat organisasi hingga waktu istirahat.
Baca Juga: Jalani Operasi, Begini Kondisi Sherly Tjoanda Pasca Ledakan Speedboat yang Menewaskan Benny Laos
2. Buat Daftar Tugas Harian
Menyusun to-do list harian bisa membantu kamu tetap terorganisir. Dengan mencantumkan tugas-tugas kuliah dan kegiatan organisasi, kamu bisa lebih mudah menentukan prioritas dan menyelesaikan tugas secara sistematis.
3. Tentukan Skala Prioritas
Saat dihadapkan dengan banyak tugas, tentukan mana yang paling mendesak untuk dikerjakan terlebih dahulu.
Kuliah tentu harus menjadi prioritas utama karena menjadi landasan bagi masa depan.
Artikel Terkait
Transformasi Digital dalam Pendidikan: 5 Dampak Negatif Teknologi yang Harus Diketahui oleh Anak, Orangtua Wajib Kasih Paham
Strategi Inovatif Mencetak Generasi Cerdas: Terobosan Gaya Belajar Masa Kini
Revolusi Pendidikan: Transformasi dari Kapur ke Era Digital yang Mengubah Cara Belajar!
Kenali Gaya Belajar Siswa: 3 Rahasia untuk Menciptakan Pembelajaran yang Seru dan Efektif!
Mahasiswa Baru dan Perantau Wajib Tahu 13 Tips Manajemen Waktu Ini, Kuliah Auto Menyenangkan dan Produktif