RBG.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan apresiasi atas hadirnya program Pelatihan Laju Digital Meta Indonesia (PADMANA) yang mampu tingkatkan kecakapan pelaku UMKM di dunia digital.
Program PADMANA ini merupakan inisiasi kerja sama antara Meta Indonesia dengan Mercy Corps Indonesia (MCI) guna memajukan kemampuan pemahaman pelaku UMKM di pemasaran digital dan pembuatan katalog bisnis pada platfrom WhatsApp.
Selain itu, program yang sudah digencarkan sejak September-Desember 2022 ini juga menyajikan pelatihan penggunaan Instagram dan Facebook ke 297 UMKM di Kab. Garut, Kab. Bandung, Kab. Malang, Kota Malang, dan Kota Batu.
BACA JUGA: Ajak Anak Muda Terjun ke Sektor Pertanian, Mentan: Pertanian Tidak Ada Matinya!
"Nantinya ini akan kami masukkan ke dalam e-katalog dan toko daring. Karena belanja pemerintah sekarang mengarah ke digital," ujar Yuana Rochma Astuti selaku Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital, kemarin, Selasa (21/2).
Sementara itu, Executive Director Mercy Corps Indonesia Ade Soekadis menambahkan bahwa kolaborasi ini memang memanfaatkan WhatsApp sebagai pengembangan usaha UMKM.
Mengingat, WhatsApp menjadi media komunikasi terbesar di Indonesia dan masuk ke top 5 dunia.
"Jadi saya pikir ini merupakan suatu kanal yang penting," pungkasnya.
Ikuti berita menarik lainnya di Google News
Artikel Terkait
Mendag Lepas Ekspor Perdana 22 Produk Makanan UMKM ke Arab Saudi
BIG Indonesia, Pos Indonesia, dan Pos Logistik Dukung Percepatan Ekspor UMKM
Bertemu dengan Para Pelaku UMKM Riau, Wamendag: UMKM harus didukung!
Bima Arya Dorong Puluhan Ribu UMKM Kota Bogor Berdaya dan Naik Kelas
Luncurkan Program AKSES 2023, Sandiaga Uno Harap Bisa Dongkrak UMKM