Senin, 5 Juni 2023

Diminta Jaga Kesehatan, 472 Calon Jemaah Haji Kabupaten Bogor Mulai Diberangkatkan ke Tanah Suci

- Rabu, 24 Mei 2023 | 17:39 WIB
ILUSTRASI: Calon jemaah haji asal Kabupaten Bogor akan diberangkatkan ke Arab Saudi untuk menjalankan ibadah haji tahun 2023 ini. (Foto: Hendi/Radar Bogor)
ILUSTRASI: Calon jemaah haji asal Kabupaten Bogor akan diberangkatkan ke Arab Saudi untuk menjalankan ibadah haji tahun 2023 ini. (Foto: Hendi/Radar Bogor)

RBG.ID-BOGOR, Calon jamaah haji asal Kabupaten Bogor mulai diberangkatkan ke Tanah Suci. Setidaknya ada 472 calon jemaah haji asal Kabupaten Bogor yang masuk rombongan kloter 4 dilepas langsung Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Rabu (24/5/2023).

Iwan Setiawan berpesan untuk selalu memperhatikan aspek kesehatan selama perjalanan haji di Arab Saudi. Terlebih kondisi di sana berbeda dengan di Indonesia.

“Di sana, cuacanya jauh lebih panas, sehingga seluruh jemaah harus dapat menyesuaikan diri. Pemerintah telah menyiapkan para petugas untuk memberikan layanan kesehatan bagi jemaah,” ucapnya.

Baca Juga: Safari di Kawasan Jembatan Gantung Situgunung Harga Tiket Beragam Mulai dari Rp 50 Ribu

Menurutnya, jumlah jemaah lanjut usia (lansia) di tahun lebih banyak dari tahun sebelumnya. Untuk itu, pihaknya berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan terbaik bagi seluruh jemaah.

“Saya juga minta kepada seluruh warga Kabupaten Bogor untuk bersama-sama memberikan kepedulian kepada para jemaah lansia yang ada dalam rombongan kita. Kita doakan jemaah Bogor ini semua bisa sehat dan selamat,” pinta Iwan Setiawan.

Dia juga mengimbau untuk membawa barang seperlunya sesuai yang dibutuhkan selama beribadah haji. Hindari membawa barang yang tidak ada kaitannya dan tidak mendukung jemaah dalam beribadah.

Baca Juga: Asep Wahyuwijaya Tegaskan Pentingnya Kolaborasi Politisi, Guru dan Orang Tua Dalam Kesuksesan Pendidikan Anak

Meski saat ini sudah masuk tahun politik, tidak perlu membawa atribut-atribut partai atau organisasi.

“Tahun ini kita memasuki tahun politik untuk itu, tidak boleh membawa atribut seperti mengibarkan bendera politik dan menyebut calon di depan Masjidil Haram. Mendoakan boleh tetapi tidak sampai diunggah di sosial media,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Ahmad Syukri mengungkapkan, Kloter 4 JKS merupakan kloter pertama jemaah haji asal Kabupaten Bogor.

Adapun Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang tergabung dalam kloter 4 berasal dari KBIH Assalam sebanyak 125 orang, Al Hikmah 184 orang, Al Kautsar 41 orang, dan Al Huda 32 orang, Islamis 68 orang, dan jumlah jemaah mandiri sebanyak 22 orang.

Dengan total laki-laki sebanyak 255 orang dan perempuan sebanyak 217 orang.

Para jemaah kloter 4 akan tinggal di wilayah masjid yang ini tidak jauh dari Masjidil Haram dan merupakan gedung yang terbaik dari yang pernah ada selama pelaksanaan ibadah haji.

Halaman:

Editor: Alpin RBG

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X