Senin, 22 Desember 2025

Inovasi Baru, Disdukcapil Kota Bogor Buka Layanan Konsultasi via WhatsApp

- Senin, 27 Februari 2023 | 10:30 WIB
Petugas Disdukcapil Kota Bogor, sedang melayani masyarakat yang ingin mengurus identitas kependudukan.
Petugas Disdukcapil Kota Bogor, sedang melayani masyarakat yang ingin mengurus identitas kependudukan.

RBG.ID-BOGOR, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor, meluncurkan program baru bernama Sampurasun Disdukcapil pada Senin (27/2/2023).

Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Ganjar Gunawan menjelaskan, ini merupakan kepanjangan dari Santun Menjawab Persoalan Untuk Segerakan Urusan Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Sesuai namanya, Sampurasun Disdukcapil bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dan konsultasi terkait dengan masalah kependudukan dan pencatatan sipil.

Baca Juga: Buruan, 4 Hari Disdukcapil Buka Gebyar Adminduk untuk Pelayanan Dokumen Kependudukan

"Masyarakat kini bisa mendapatkan informasi dan layanan konsultasi dari mana saja tanpa perlu datang ke Kantor Disdukcapil. Itu bisa mereka daparkan melalui hotline WhatsApp yang mulai beroperasi pada Senin, 27 Februari 2022," ujarnya kepada Radar Bogor.

Disdukcapil membuka 2 nomor hotline yakni 081290003271 dan 082190003271. Ganjar menerangkan kedua nomor tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat pada jam kerja kantor yakni Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB.

"Semua masalah kependudukan bisa ditanyakan melalui kedua nomor itu. Misalnya menyangkut perubahan elemen data di KTP seperti alamat, status kawin, status pekerjaan, ganti foto, dan lainnya. Atau soal perubahan kartu keluarga, akta kelahiran, ganti nama, perbaikan nama, perubahan nama, akta kematian, kartu identitas anak (KIA), hingga soal Identitas Kependudukan Digital (IKD)," terangnya.

Baca Juga: Disdukcapil Kesulitan Menerapkan KTP Digital di Kabupaten Bogor, Ini Penyebabnya!

Peluncuran hotline itu diharapakannya bisa mempermudah masyarakat yang selama ini kebingungan menyelesaikan masalah mengenai persoalan tersebut. Itu juga menjadi upayanya mendekatkan diri kepada masyarakat yang selama ini sibuk bekerja sehingga tak memiliki waktu luang untuk datang ke Kantor Disdukcapil.

"Selama ini masyarakat kami sediakan 2 jalur komunikasi yaitu offline di Kantor Disdukcapil yaitu pojok layanan aduan. Kedua lewat media sosia Instagram disdukcapil. Tapi tidak semua warga sempat datang karena bekerja sampai malam dan tidak semua warga punya akun media sosial. Makanya buka di luar jalur itu agar masyarakat punya ruang lebih untuk berkomunikasi," tuturnya. (fat)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Trem di Kota Bogor Diuji Coba 2026

Jumat, 19 Desember 2025 | 11:22 WIB
X