Sabtu, 25 Maret 2023

Kenalan dengan Kereta Penolong yang Tidak Diharapkan Beroperasi

- Minggu, 12 Februari 2023 | 18:54 WIB
Kereta penolong (Sumber: Instagram KAI)
Kereta penolong (Sumber: Instagram KAI)

RBG.ID – Transportasi penyelamatan korban dan evakuasi sarana kereta yang terjadi gangguan di tengah perjalanan ternyata bukan hanya berbentuk mobil, tetapi ada kereta khusus bernama Kereta Penolong.

Kereta ini berbeda dari kereta yang biasanya beroperasi karena hanya terdiri dari 2 gerbong saja dan tanpa bantuan lokomotif sehingga lebih cepat mencapai lokasi kejadian.

BACA JUGA: Fitur Baru Flipboard, Notes, Memungkinkan untuk Bebas Berinteraksi Dengan Pengguna Lain

Gerbong pertama bermuatan alat-alat yang digunakan untuk memindahkan kereta, gerbong, dan lokomotif yang mengalami gangguan atau kerusakan. Sementara gerbong kedua diperuntukkan bagi korban, pasien, penumpang, dan petugas yang perlu dievakuasi, sehingga di dalamnya dilengkapi dengan sarana medis layaknya di IGD.

Kereta ini hanya akan beroperasi disaat keadaan darurat saja seperti kereta terkena longsor atau keadaan luar biasa lainnya seperti terguling dan anjlok.

KAI mempunya Kereta Penolong generasi baru yang dibuat oleh Balai Yasa Yogyakarta menggunakan metode alih fungsi dari Kereta Rel Diesel (KRD) dan diluncurkan pada 15 Maret 2019.

Simak cerita menarik lainnya di Google News.

Editor: Sekar Aqillah Indraswari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-siap Pemerintah Segera Naikkan Harga Mobil LCGC

Selasa, 28 Februari 2023 | 10:33 WIB

Merceday-Benz Ikut Meriahkan Ajang IIMS 2023

Sabtu, 18 Februari 2023 | 21:39 WIB
X