RBG.id -- Motor matic, atau lebih dikenal dengan nama skuter otomatis alias skutiik, adalah jenis sepeda motor yang dilengkapi dengan sistem transmisi otomatis.
Berbeda dengan motor konvensional yang masih menggunakan sistem kopling manual dan gigi persneling, motor matic tidak memerlukan pengoperasian kopling dan gigi secara manual.
Hal ini membuatnya lebih mudah digunakan, terutama di perkotaan dengan lalu lintas yang padat.
Berikut adalah penjelasan tentang sistem kerja motor matic, komponen-komponen utamanya, dan cara kerjanya.
Baca Juga: ScreamFree Parenting: 5 Manfaat Luar Biasa untuk Orangtua dan Anak yang Lebih Harmonis
1. Transmisi CVT (Continuously Variable Transmission)
Salah satu komponen utama pada motor matic adalah transmisi CVT. Berbeda dengan sistem transmisi manual yang memiliki gigi tetap, sistem CVT pada motor matic memiliki sistem pemindahan gigi yang dapat berubah secara kontinu tanpa adanya gesekan antar gigi.
Sistem ini terdiri dari dua buah pulley (pulley primer dan pulley sekunder) serta sabuk (belt) yang menghubungkannya.
Pulley Primer (Drive Pulley): Pulley ini terhubung dengan mesin motor. Ketika mesin berputar, pulley primer akan berputar dan menggerakkan sabuk.
Pulley Sekunder (Driven Pulley): Pulley ini terhubung dengan roda belakang motor. Sabuk yang berputar akan memutar pulley sekunder yang akhirnya menggerakkan roda.
Belt (Sabuk): Sabuk ini berfungsi sebagai penghubung antara pulley primer dan pulley sekunder. Sabuk akan bergerak naik turun pada masing-masing pulley, sesuai dengan kecepatan putaran mesin, untuk mengatur rasio transmisi dan memberikan tenaga ke roda belakang.
Sistem CVT memungkinkan perubahan rasio transmisi yang halus, sehingga motor dapat berakselerasi dengan lebih lancar tanpa adanya guncangan yang biasa terjadi pada transmisi manual.
Artikel Terkait
Sudah Ada Sejak 1983 Ini Sejarah Honda CBR: Ikon Motor Sport dengan Performa Tinggi dan Desain Agresif
Honda Astrea Grand: Motor Bebek Legendaris yang Meninggalkan Jejak dalam Sejarah Otomotif Indonesia
Istimewanya Honda PCX Skuter Premium yang Mengubah Industri Motor Matic di Indonesia
Ini Dia Legenda Motor Sport Honda NSR: Raja Sportbike 2-Tak yang Mengukir Sejarah di Dunia Balap
Awal Mula dan Perkembangan Yamaha R15 Jadi Motor Sport Terbaik di Kelas 150cc
Mengenal Sejarah Suzuki GSX 150: Motor Sport 150cc dengan Desain Modern dan Performa Bertenaga