RBG.ID - Peredaran motor listrik di Indonesia masih sangat rendah jika dibandingkan dengan motor konvensional.
Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) mengklaim saat ini baru ada 70.000 unit yang beredar di seluruh Indonesia sejak 2018.
Meski alami peningkatan, angka tersebut masih sangat rendah dan memperlihatkan bahwa masyarakat Indonesia masih ragu menggunakan motor listrik. Bahkan, disebutkan bahwa penetrasi motor listrik di Tanah Air masih kurang dari 0,2 persen.
Baca Juga: Bocoran Jadwal Tayang Tokyo Revengers Season 3 Episode 7, Kisaki Coba Menyerang Emma dan Membunuh Drakken?
CEO Electrum Jack Yang mengungkapkan ada tiga alasan mengapa peminat motor listrik di Indonesia masih sangat rendah. Pertama adalah banyaknya model motor listrik dengan performa mengecewakan karena mengejar harga rendah.
Performa yang dimaksud adalah jarak tempuh, akselerasi, kecepatan, dan juga tenaga yang dihasilkan motor listrik tersebut. Hal ini membuat masyarakat Indonesia enggan beralih ke motor listrik dan lebih memilih menggunakan motor bensin.
“Hal itu menghalangi semua orang untuk berpindah ke motor listrik dan justru malah banyak orang yang kembali ke motor konvensional karena alasan itu,” kata Jack pada peluncuran motor listrik Electrum H5 di Jakarta.
Baca Juga: Hati-Hati yang Suka Pinjol, Pusdafil Pengganti SLIK Ditargetkan Bisa Digunakan 2024
Untuk alasan kedua, dikatakan Jack adalah infrastruktur yang tidak memadai untuk motor listrik, seperti Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik (SPBKLU).
Menurutnya, tidak semua rumah tangga di Indonesia memiliki daya listrik besar di rumahnya untuk mengecas baterai motor listrik.
“Menurut saya, mengisi daya motor listrik berperforma tinggi membutuhkan waktu lama dan memakan banyak ruang. Banyak rumah tangga yang hanya memiliki daya 900 hingga 1300 watt. Lalu bagaimana cara memudahkan masyarakat untuk mengisi kembali energinya,” ujarnya.
Baca Juga: Inilah 5 Tempat Makan Dengan View Terindah di Jogja 2023
Alasan terakhir adalah harga jual motor listrik yang tidak terjangkau bagi sebagian masyarakat Indonesia.
Menurut Jack, beberapa motor listrik yang ada di pasaran sebenarnya memiliki jarak tempuh yang bagus, akselerasi yang baik, kecepatan yang baik, keandalan yang baik, kualitas pembuatan yang baik, hanya saja harganya terlalu mahal.
“Apalagi banyak di antaranya yang sebenarnya dijual bersama dengan baterai motor listrik. Jadi, itu merupakan masalah inti yang harus kita selesaikan,” ucap Jack.
Baca Juga: Baru Tahu Kalau Kota Onde-Onde Punya 4 Rekomendasi Kafe Kekinian, Nomor 4 Vibes Ala Pulau Dewata Mulai Rp8 Ribuan Lho!
Dikatakan oleh Jack Yang, Electrum akan menjual motor listrik dengan sistem penyewaan baterai. Ini akan memangkas harga motor listrik mereka yang kabarnya akan dijual di bawah harga motor matik Honda BeAT.
Artikel Terkait
Indonesia Diprediksi Akan Menjadi Pusat Industri Kendaraan Listrik di Asia, Ini Penjelasan nya
Ini Tips Merawat Ban Mobil Agar Tidak Cepat Rusak di Tengah Cuaca Panas Ekstrem
Tahun Depan PLN Targetkan Seluruh Kendaraan Dinas Menggunakan Mobil Listrik
Mulai Rp160 Jutaan, Chery Luncurkan Mobil Listrik Mungil, Berminat Membeli?
Efek Kasus Rangka eSAF, Pedagang Keluhkan Harga Honda BeAT Bekas yang Anjlok
Review Honda ADV 160 ABS, Pesaing Kuat Yamaha NMAX 2023
Yuk Intip Rekomendasi Sepeda Listrik Roda 3 Dengan Harga Murah
Simak Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid, Pahami Sebelum Membeli
Harganya Bisa Beli 8 Unit Rumah Subsidi, Ini Penampakan Motor Listrik Termahal di Dunia
Mobil Listrik Tesla Susah Dicuri? Ini Penjelasan nya