RBG.id -- Pusat Penerangan Politik (Puspenpol) merilis Analisa setelah Debat Capres kelima dalam interaksi di social media, Khususnya TikTok.
Puspenpol mengungkapkan, jika pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berhasil memanfaatkan TikTok untuk mendominasi lanskap digital selama puncak debat Pilpres 2024.
Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 telah menandai era baru dalam kampanye politik di Indonesia, di mana dominasi platform media sosial, khususnya TikTok, memainkan peran kunci dalam mempengaruhi persepsi publik dan membangun dukungan untuk calon presiden.
Baca Juga: Survei Poltracking Ungkap Elektabilitas Prabowo Gibran di Jatim Raih 60,1%, Tren Terus Naik
Prabu Revolusi: Sudah Berinvestasi Membangun Interaksi di TikTok
Ahli Media Baru, Prabu Revolusi dalam wawancara terkininya pada 6 Februari 2024, memberika penjelasan terkait strategi digital yang canggih dari pasangan Prabowo Gibran dalam Pilpres 2024, khususnya penggunaan platform TikTok untuk memperkuat kampanye mereka.
Prabu menyoroti dominasi konsisten Prabowo Gibran di TikTok, baik dari segi percakapan maupun jangkauan, dengan Prabowo sendiri mencatatkan 22,4 miliar penayangan dan Gibran 12,7 miliar penayangan.
Mereka memimpin jauh di atas Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, menempatkan Prabowo di urutan pertama, diikuti oleh Anies dan Ganjar.
Menariknya, sentimen terhadap Prabowo tidak hanya tinggi secara positif tetapi juga rendah dalam sentimen negatif, menunjukkan efektivitas kampanye mereka di TikTok.
Baca Juga: Beberkan Mimpinya Bisa Berkarier di Industri Hollywood, Gilang Dirga : Alhamdulillah Tercapai
Prabu menggarisbawahi bahwa pasangan nomor dua ini memilih TikTok sebagai saluran utama mereka berdasarkan pengaruh besar platform ini terhadap keputusan politik di Indonesia.
“Nah ini juga menarik kenapa pasangan 02 sejak awal berinvestasi membangun interaksi tiktok karena memang secara data ya, yang kalau kita lihat dari beberapa sumber apakah itu berasal dari Hotsuite atau juga dari WeAreSocial yang sama sama mengatakan bahwa tiktok adalah platform social media terbesar saat ini yang memberikan pengaruh pada keputusan politik.” Ujar Prabu Revolusi pada wawancara yang diterima pada Selasa (6/2/2024).
Ia juga menyebut jika TikTok sekarang merupakan platform social media yang dijadikan patokan dalam mencari informasi, khususnya terkait informasi politik.
“Jadi Tiktok platform paling dicari atau digunakan oleh masyarakat di Indonesia dan dalam mencoba atau mencari informasi politik ini juga kalau kita lihat juga dikeluarkan oleh Indikator (Survey Indikator Politik).” Tambahnya.