ekonomi

Profil Bank Syariah Indonesia (BSI) yang Tengah Dilanda Serangan Siber dan BSI Mobile Masih Error

Kamis, 11 Mei 2023 | 13:22 WIB
Logo Bank Syariah Indonesia (BSI) (Sumber: Twitter)

RBG.ID – Bank Syariah Indonesia (BSI) adalah bank dari hasil merger 3 bank besar di Indonesia yang berada di bawah BUMN yang menyediakan transaksi halal yakni Syariah Mandiri, Bank Negara Indonesia Syariah (BNI Syariah), dan Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRI Syariah).

Bank Syariah Indonesia hadir sejak 1 Februari 2021 yang telah diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Erick Thohir Konfirmasi BSI Menerima Serangan Siber, Dia Akan Memantau Perbaikannya

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga telah mengeluarkan izin untuk Bank Syariah Indonesia beroperasi sejak 27 Januari 2021 melalui surat Nomor SR-3/PB.1/2021.

Walaupun telah menjadi lembaga sendiri untuk bank syariah, komposisi pemilik saham di Bank Syariah Indonesia (BSI) dibagi menjadi PT Bank Mandiri (Persero) Tbk 50,83%, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk 24,85%, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk 17,25%. Sisanya adalah pemegang saham yang masing-masing di bawah 5%.

Baca Juga: 7 Lokasi ATM Bank Syariah Indonesia (BSI) di Depok yang Bisa untuk Tarik Tunai

Tujuan dari berdirinya Bank Syariah Indonesia (BSI) adalah menyediakan pelayanan transaksi dana yang halal tanpa memainkan bunga yang diharamkan dalam Islam.

Melihat jumlah populasi umat muslim di Indonesia besar, melalui Bank Syariah Indonesia (BSI) diharapkan dapat terciptanya ekosistem industri halal.

BSI dipimpin oleh Dirut Hery Gunawan dan wakilnya Bob Tyasika Ananta. Untuk Direktur TI BSI sendiri adalah Achmad Syafii dan Direktur Retail BSI bernama Ngatari.

Baca Juga: ATM Bank Syariah Indonesia (BSI) Telah Bisa Digunakan, Ini Alasan Mobile Banking BSI Masih Bermasalah

Bank Syariah Indonesia diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah yang terdiri dari 4 orang yakni Dr. KH. Hasanudin, M.Ag sebagai ketua dan tiga lainnya sebagai anggota yakni DR. H. Mohamad Hidayat, Dr. H. Oni Sahroni, MA, dan Prof. DR. KH. Didin Hafidhuddin, M.Sc.

Kantor Pusat Bank Syariah Indonesia (BSI) berada di gedung The Tower, Jl. Gatot Subroto No. 27 Kelurahan Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Baca Juga: ATM Bank Syariah Indonesia (BSI) Sudah Dapat Digunakan Mulai 10 Mei

Untuk menghubungi Bank Syariah Indonesia terutama untuk keluhan pelayanan dapat menghubungi BSI Call – 14040, nomor WhatsApp resmi 081584114040, dan e-mail contactus@bankbsi.co.id.

Halaman:

Tags

Terkini