Sabtu, 25 Maret 2023

Sejumlah Pabrik di Bogor Bakal Hengkang, Apindo Minta Perusahaan tak Lakukan Relokasi

- Senin, 20 Februari 2023 | 17:04 WIB
Ilustrasi demo buruh menuntut kenaikan UMK.
Ilustrasi demo buruh menuntut kenaikan UMK.

RBG.ID-BOGOR, Sejumlah perusahaan atau pabrik bakal hengkang dari Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pabrik ini rencananya bakal pindah ke Jawa Tengah.

Perihal bakal hengkangnya sejumlah pabrik di Kabupaten Bogor ini menjadi perhatian serius Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat.

Dalam Muskab DPK Apindo Kabupaten Bogor, Ketua Apindo Jabar, Ning Wahyu Astutik mengatakan, pihaknya terus berusaha agar para pengusaha di Kabupaten Bogor tidak melakukan relokasi pabrik ke daerah lain.

Baca Juga: 10 Pabrik Bakal Hengkang dari Bogor, Dewan Minta Dorong UMKM Atasi Pengangguran

Untuk itu, kata Ning, perlunya sinergi antara para pengusaha, pekerja maupun pemerintah. “Baik rekan pengusaha, pekerja, maupun dari pemerintah harus berkolaborasi,” katanya saat menghadiri Muskab DPK Apindo Kabupaten Bogor Senin (20/2/2023).

Seperti diketahui, setidaknya tercatat ada 10 pabrik yang berencana bakal hengkang dari Kabupaten Bogor. Pabrik-pabrik ini rencananya akan pindah ke Jawa Tengah, karena beban upah karyawan lebih rendah ketimbang Kabupaten Bogor.

Adapun sepuluh pabrik itu tersebar di Cileungsi dan Gunung Putri. Hengkangnya sejumlah pabrik ini dikabarkan akibat tingginya Upah Minimum Kabupaten (UMK) yang diteapkan pemerintah daerah.

Perbedaan UMK Jawa Barat dengan Jawa Tengah inilah kabarnya yang melatarbelakangi sejumlah pabrik ingin meninggalkan Kabupaten Bogor. (all)

Editor: Alpin RBG

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X