RBG.ID – TikTok Shop kembali hadir di Indonesia dan berafiliasi dengan Tokopedia tanpa ada penambahan aplikasi atau perubahan tampilan dari TikTok Shop tersebut.
Kembalinya TikTok Shop ini dimulai sejak hari ini bertepatan dengan hari belanja nasional atau harbolnas 12.12 dimana mereka membuat kampanye khusus produk UMKM bertajuk ‘Beli Lokal’.
Maksud dari semua tetap sama adalah tampilan Tokopedia akan muncul saat pengguna TikTok hendak melakukan check out atau membeli barang.
Cara untuk melihat tampilan berubah itu setelah pembeli mencari barang melalui kolom pencarian yang tersedia.
Apabila ingin berbelanja melalui live TikTok juga saat ini sudah tersedia di sana dan bisa ditonton lengkap dengan fitus ‘keranjang kuning’.
Untuk melakukan pembelian, pembeli bisa masuk ke akun penjual, di bagian bio terdapat tautan yang mengarah untuk halaman pembelian barang tersebut.
Pada halaman order center TikTok saat pembeli masuk akan ada pemberitahuan bertuliskan ‘Dijalankan oleh TikTok dan bermitra dengan Tokopedia’. Tampilan selanjutnya yang terlihat adalah tampilan Tokopedia tanpa harus mengunduh aplikasi tersebut.
Semua barang milik UMKM yang dipromosikan di TikTok Shop dan Tokopedia dalam kampanye ‘Beli Lokal’ akan tersedia label ‘Beli Lokal’ di depannya sehingga bisa memudahkan pembeli untuk memilih.
Selain itu, barang-barang yang mungkin sebelumnya telah berada di Cart TikTok Shop bisa dilihat kembali sehingga pengguna bisa berbelanja barang-barang yang mungkin terlupa.
Untuk mempermudah pencarian di TikTok Shop, pembeli bisa memanfaatkan fitur kategori barang agar rekomendasi barang yang dibutuhkan lebih bervariatif.
Pembeli TikTok Shop juga tidak perlu panic buying karena layanan mereka tidak kemana-mana. Sehingga aman untuk menyimpan barang impian ntuk dibeli beberapa bulan ke depan.