RBG.ID – Sedang ramai penjualan produk melalui live streaming e-commerce yang ternyata bisa mendapatkan omset lebih besar dibandingkan penjualan produk dengan memasukkannya di etalasi toko online.
Para selebriti yang juga seorang pengusaha kerap membagikan pencapaiannya setelah melakukan live dengan menyebutkan jumlah omset yang didapat dalam sekali live streaming e-commerce, apa rahasianya?
Tentu untuk meraih omset besar dalam bisnis tidak bisa didapatkan dengan instan, perlu waktu dan usaha untuk sampai di titik yang diimpikan seperti meraih omset Rp 1 miliar dalam 30 menit lewat live streaming e-commerce.
Baca Juga: Kompak dengan Pertamina, BBM Shell Juga Resmi Alami Kenaikan Harga Mulai Hari Ini Jadi Segini
Usaha apa yang harus dilakukan oleh pengusaha muda untuk sampai di titik itu? Seorang content creator dan social media specialist Victoria Wong membagikan tips terkait live streaming e-commerce yang tengah menarik perhatian publik akhir-akhir ini.
Salah satu e-commerce memperkenalkan fitur ini kepada pembeli baru dengan memberikan penawaran voucher potongan sebesar Rp 20.000 per produk. Selain itu, saat membeli produk tersebut voucher gratis ongkir tetap dapat dipakai sehingga potongan yang didapat juga semakin besar.
Hal ini lah yang menjadi salah satu hal menarik bagi para penjual beralih menggunakan live streaming untuk menjual produk-produk siap kirim milik mereka.
Victoria Wong juga membeberkan beberapa fakta menarik di balik kesuksesan dari berjualan melalui live streaming e-commerce sebagai berikut.
- Riset produk
Pembeli akan semakin tertarik dengan live streaming yang kita adakan jika mereka melihat barang tersebut memiliki kualitas dan harga yang cocok di mereka sehingga rela untuk berebut mendapatkan produk tersebut di saat itu juga. - Buat sebanyak mungkin konten organik
Sebelum sampai di tahan mendapatkan omset besar dalam waktu singkat. Setiap pengusaha yang juga bekerja sebagai content creator harus sudah ‘dikenal’ oleh publik melalui konten organik mereka.
Konten organik adalah konten yang berasal dari hasil pemikiran mereka yang bisa saja terinspirasi dari orang lain kemudian dikembangkan atau memang original dari hasil pemikiran mereka.
Konter organik tersebut menarik banyak orang untuk menyukai dan meninggalkan jejak di unggahan tersebut karena terhibur, setuju, ataupun kontra.
Semakin banyak konten yang menarik perhatian orang lain dengan mengandalkan algoritma sosial media bukan karena manipulasi, semakin besar juga akun tersebut dikenal oleh orang lain dan lama kelamaan akan membuat publik mengikuti kegiatan pemilik akun tersebut. - Memberikan sesuatu secara cuma-cuma kepada penonton
Untuk dapat menarik perhatian publik sehingga datanglah penonton pada setiap live streaming, host harus memiliki sesuatu yang menarik misalnya seperti poin nomor satu yakni barang yang bagus dengan harga yang pas dikantong.
Jika yang hendak ditawarkan bukan barang melainkan jasa maka tunjukkan beberapa konten terkait jasa misalnya desain, hasil karya jahitan, atau apabila Anda seorang guru atau memiliki ilmu terkait suatu bidang bisa membuka tanya jawab dengan penonton.
Seperti membantu mengerjakan soal bahasa Inggris, menjawab pertanyaan seputar dunia kerja, dunia perkuliahan, hingga perihal alat kecantikan.
Simak cerita menarik lainnya di Google News.