Selasa, 7 Februari 2023

Kepala Desa di Bogor Sepakat Masa Jabatan 9 Tahun, Ini Alasannya

- Kamis, 26 Januari 2023 | 09:21 WIB
Ilustrasi pilkades.
Ilustrasi pilkades.

RBG.ID-CIBINONG, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa se-Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bogor, Tini Prihatini membeberkan alasan kepala desa yang meminta perpanjangan masa jabatan dari 6 tahun menjadi 9 tahun.

Khusus di Kabupaten Bogor, banyak kepala desa yang merasa tidak cukup dalam menyelesaikan program kerja, hanya dalam kurun waktu 6 tahun.

"Kalau 6 tahun waktunya terlalu singkat agar masyarakat mendukung program kerja desa, karena beda pilihan waktu Pilkades, membuat sesama masyarakat tidak akur" ujarnya saat dihubungi Radar, Bogor (25/1/2023).

Baca Juga: Kemendagri Bakal Kaji Usulan Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa

Sementara jika masa jabatan kepala desa 9 tahun, kata Tini, dirasa cukup untuk menyelesaikan program kerja sebagai janji kampanye para kepala desa.

Hal itu juga lantaran belum tentu kepala desa tersebut dapat kembali terpilih dan menjabat dua hingga tiga periode. Namun demikian, Tini menilai ada konsekuensi jika jabatan kepala desa diperpanjang menjadi 9 tahun.

"Mereka (kepala desa) yang ingin 9 tahun, apa sudah mengkaji betul?, karena dari sisi periode menurut Kementerian Desa hanya 2 periode. Lalu bagaimana bagi yang sudah dua periode? Sudah tidak bisa mencalonkan lagi kan," paparnya.

Baca Juga: BPD Sebut Masa Jabatan Kepala Desa 9 Tahun Terlalu Lama

"Kalau yang sekarang baru 1 periode, undang-undang tidak berlaku surut, artinya mereka itu menjabat sesuai SK yang dipegang, kalau SK sampai tahun berapa ya itu dijalani, walaupun undang-undangnya dirubah dan diketuk palu," sambung Tini.

Halaman:

Editor: Alpin.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peternakan Ayam Milik Warga Pasarean Hangus Terbakar

Selasa, 7 Februari 2023 | 14:43 WIB

Tren Nikah di KUA, Begini Tatacara dan Persyaratannya

Senin, 6 Februari 2023 | 19:08 WIB

Data Nikah di Kota Bogor Dalam Angka

Senin, 6 Februari 2023 | 18:11 WIB
X