Jumat, 9 Juni 2023

Waduh, Ada Dugaan Aliran Dana Narkoba Untuk Kontestasi Pemilu, Begini Penegasan Vinus

- Kamis, 25 Mei 2023 | 19:25 WIB
Pengamat politik dan kebijakan publik, Yusfitriadi.
Pengamat politik dan kebijakan publik, Yusfitriadi.

 

RBG.ID - Sejumlah pihak harus mulai meningkatkan pengawasan. Mabes Polri bahkan mengungkapkan adanya upaya dugaan aliran dana hasil peredaran Narkoba untuk kontestasi Pemilu 2024.

Hal tersebut, menjadi perhatian berbagai pihak.  "Adanya temuan ini, sangat memprihatinkan dan menarik sebab baru kali ini saya mendengar pernyataan ada dugaan aliran dana hasil Narkoba ke kalangan politisi, terlebih untuk kepentingan pemilu 2024 ini," jelas Ketua Yayasan Visi Nusantara (Vinus) Maju, Yusfitriadi.

Menurut dia, kendati sebagian masyarakat mungkin sudah ada yang menduga-duga, lancarnya peredaran narkoba dan sejenisnya di indonesia tidak mungkin terjadi ketika tidak ada orang yang membackup secara total.

Baca Juga: Intip Lokasi Pendaftaran PPDB Jalur Pindah Tugas Orangtua dan Anak Guru Tingkat SD Wilayah Jakarta Pusat

"Walaupun tentu saja perspektif masyarakat hanya menduga-duga. Makanya, pernyataan pihak kepolisian memberikan pembenaran atas perspektif masyarakat tersebut," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika ada oknum politisi benar terlibat dan menikmati aliran dana haram, maka harus sudah diketahui sebelum pemilu, agar rakyat bisa melihat dengan jelas siapa yang harus dihukum secara politis, dengan tidak memilihnya kembali pada pemilu 2024.

Sekalugus, kata Yusfitriadi, meningkatkan kepercayaan publik dan negara kepada institusi kepolisian.

Baca Juga: Kondisi Jembatan Sempur Kian Mengkhawatirkan, Kadis PUPR: Kami Khawatir Dampak yang Lebih Besar

Menurut dia, kepolisian harus berani menegakan hukum kepada para oknum politisi, sehingga proses hukum tidak menjadi tajam ke bawah dan tumpul ke atas.

Wakil Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Mabes Polri, Kombes Pol Jayadi mengungkapkan, adanya dugaan sejumlah aliran dana hasil peredaran narkoba untuk Pemilu tahun depan.

Ia mengungkapkan, kasus peredaran Narkoba menyeret sejumlah oknum anggota dewan.

Baca Juga: Innalillahi, Satu Remaja Peserta Balap Liar Tewas Usai Tabrak Pantan Mobil

"Berdasar pengungkapan, ada oknum anggota dewan di beberapa daerah diduga akan menggunakan dana dari peredaran Narkoba," kata Jayadi kepada wartawan.

Lebih lanjut ia mengatakan, masih belum bisa mengungkapkan oknum dewan yang terlibat tersebut.

Halaman:

Editor: Lucky Lukman Nul Hakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X