Selasa, 7 Februari 2023

KH Sholeh Iskandar Kembali Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

- Selasa, 24 Januari 2023 | 14:30 WIB
Bima Arya mendukung usulan KH Sholeh Iskandar jadi Pahlawan Nasional saat seminar nasional di UIKA Bogor, Selasa (24/1/2023). (Foto: Reka/Radar Bogor)
Bima Arya mendukung usulan KH Sholeh Iskandar jadi Pahlawan Nasional saat seminar nasional di UIKA Bogor, Selasa (24/1/2023). (Foto: Reka/Radar Bogor)

RBG.ID-BOGOR, Sosok KH Sholeh Iskandar, kembali diusulkan menjadi Pahlawan Nasional. Usulan itu disampaikan dalam Seminar Nasional yang digelar di Kampus Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Selasa (24/1/2023).

Usulan tersebut disampaikan pihak UIKA Bogor bekerja sama dengan Badan Kerjasama Pondok Pesantren Indonesia (BKsPPI) dan Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Bogor ke Pemerintah Pusat.

Rektor UIKA Bogor, Endin Mujahidin mengatakan, pengusulan KH Sholeh Iskandar jadi pahlawan nasional ditujukan untuk meneladani sosok KH Sholeh Iskandar yang telah membangun bangsa, negara, serta masyarakat Indonesia.

Baca Juga: KH Tubagus Mama Falak Diusulkan jadi Pahlawan Nasional

Menurutnya, KH Sholeh Islandar telah memberikan berbagai peninggalan yang penting bagi Kota Bogor di antaranya mendirikan Kampus UIKA Bogor, Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS), dan Rumah Sakit Islam (RSI), serta pesantren-pesantren.

"Di masa perjuangan beliau juga adalah komandang Hizbullah di tahun 1945-1947, Dandim 0603/Lebak Banten, dan banyak karya lain yang telah ditorehnya untuk bangsa dan negara," ujar Endin.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menuturkan, KH Sholeh Iskandar adalah sosok yang langka bahkan jika dibandingkan dengan pahlawan yang ada. Bima menilai sosok Sholeh Iskandar adalah paket lengkap karena mengisi di seluruh fase merdekanya Indonesia.

Baca Juga: KH. A Sanusi Dianugrahi Gelar Pahlawan Nasional, M. Sodikin Syukuran

"Kiprahnya sangat jelas, ada data, babak, dan fasenya. Perjuangannya ada di tiga zaman, yaitu masa merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekan. Apa yang ditinggalkannya juga masih ada hingga sekarang," tutur Bima.

Halaman:

Editor: Alpin.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peternakan Ayam Milik Warga Pasarean Hangus Terbakar

Selasa, 7 Februari 2023 | 14:43 WIB

Tren Nikah di KUA, Begini Tatacara dan Persyaratannya

Senin, 6 Februari 2023 | 19:08 WIB

Data Nikah di Kota Bogor Dalam Angka

Senin, 6 Februari 2023 | 18:11 WIB
X