RBG.ID – Meta berencana menambahkan layar pada kacamata pintar Ray-Ban mulai tahun depan.
Langkah ini memperkuat persaingan dengan Apple dan Google dalam menciptakan perangkat yang mampu menggantikan ponsel pintar.
Menurut sumber yang mengetahui rencana tersebut, Meta, perusahaan dengan valuasi USD 1,5 triliun (sekitar Rp 24,3 triliun), akan menyematkan layar pada kacamata seharga USD 300 (sekitar Rp 4,8 juta) yang diproduksi bersama EssilorLuxottica.
Model terbaru ini diperkirakan akan dirilis pada paruh kedua 2025.
Layar kecil yang disematkan ini, memungkinkan pengguna melihat notifikasi atau respons dari asisten virtual Meta.
Langkah ini menunjukkan upaya serius Meta untuk memperluas lini perangkat wearable, seiring ambisi CEO Mark Zuckerberg yang melihat teknologi augmented reality (AR) sebagai platform komputasi masa depan.
Baca Juga: Sang Istri Aktor Pemeran Deadpool Blake Lively Terus Dapat Dukungan Para Aktris hingga SAG-AFTRA
Pada September lalu, Meta memperkenalkan prototipe kacamata AR, Orion.
Sumber internal menyebutkan bahwa pengembangan Orion dipercepat setelah menerima tanggapan positif dari penguji awal.
"Meta telah mempercepat rencana untuk menjadikan perangkat ini sebagai produk konsumen, meskipun peluncurannya diperkirakan masih memerlukan waktu bertahun-tahun,’’ ujar salah satu sumber, Selasa (24/12).
Prototipe Orion mendapat pujian karena desainnya yang ringkas dan ringan, serta teknologi layar inovatif yang mampu memproyeksikan konten 3D.
Namun, Orion masih dalam tahap awal.