Jumat, 9 Juni 2023

Pendapatan Instagram Mencapai $51,4 miliar Pada Tahun Lalu

- Senin, 22 Mei 2023 | 21:05 WIB
Ilustrasi (Sumber : Mehaniq via Shutterstock)
Ilustrasi (Sumber : Mehaniq via Shutterstock)

RGB.ID - Instagram menjadi ladang uang yang sangat penting bagi perusahaan induknya, Facebook. Meski bukan jadi yang utama, namun media sosial berbagi foto dan video itu mampu mendatangkan banyak pemasukan bagi perusahaan.

Instagram menghasilkan pendapatan $51,4 miliar pada tahun 2022, naik dari $47,6 miliar pada tahun 2021, $26,8 miliar pada tahun 2020, $19,4 miliar pada tahun 2019, dan $10,3 miliar pada tahun 2018. Seperti yang dapat kita lihat, penghasilan Instagram berkembang pesat setiap tahun.

Instagram juga membawa keuntungan bagi Meta dengan menyumbang 45% dari pendapatan Meta pada tahun 2022, 42% pada tahun 2021, 33,8% pada tahun 2020, dan 27,2% pada tahun 2019. Seperti yang dapat kita lihat, nilai Instagram untuk Meta terus meningkat setiap tahun.

Baca Juga: Viral! Wanita Pengendara Mobil Pajero di Riau Ngamuk-ngamuk Usai Tabrak Ibu Hamil

Jumlah sebesar itu sepertinya memang sudah tidak mengherankan lagi, mengingat ada banyak wadah bagi para pengiklan untuk mempromosikan produknya di Instagram. Bisa lewat sponsored feed, Stories, hingga tab Explore.

Biasanya, kreator konten seperti influencer dan selebgram mendapatkan penghasilan sendiri dari endorsement atau jenis konten berbayar lainnya. Sementara sistem iklan di Instagram terjadi antara pengiklan dan pihak Instagram.

selama beberapa tahun belakangan, Facebook memang fokus untuk monetisasi Instagram. Facebook bahkan mengembangkan fitur ala e-commerce untuk belanja online di Instagram.

Baca Juga: Kim Seon Ho Ungkap Permintaan Maaf atas Skandal di Masa Lalunya Dalam Presscon Film The Childe

Fitur ini memungkinkan brand menjual item secara langsung dari aplikasi. Instagram juga memberikan akses ke sejumlah kreator konten untuk masuk ke produk Facebook yang didesain untuk membantu mengkoordinasikan penawaran merek tertentu.

Instagram kabarnya bakal memperluas tools di platform untuk memberikan akses metrik selebgram kepada brand agar bisa membantu pertimbangan endorsement. Hal itu juga akan memberikan tambahan pemasukan dari Instagram untuk Facebook lebih banyak lagi.

Ikuti berita menarik lainnya di Google News

Editor: Rafly Azmi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rusia Luncurkan GigaChat Untuk Saingi ChatGPT

Kamis, 8 Juni 2023 | 23:46 WIB

QRIS Jadi Metode Pembayaran Favorit

Rabu, 31 Mei 2023 | 14:43 WIB

Google Bard, Chatbot Terbaru Saingan ChatGPT

Jumat, 26 Mei 2023 | 21:50 WIB
X