RBG.id - Aktor Kim Soo Hyun kini menghadapi potensi kerugian finansial besar setelah berbagai brand dan event mulai mengambil langkah mundur darinya.
Hal ini terjadi usai kontroversi yang menyeret namanya, termasuk tuduhan menjalin hubungan dengan mendiang Kim Sae Ron saat masih di bawah umur, serta klaim keluarga yang menyebutnya sebagai salah satu penyebab kematian aktris tersebut pada 16 Februari 2025.
Kim Soo Hyun dikenal sebagai salah satu aktor dengan bayaran tertinggi per episode drama Korea.
Selain itu, ia juga menjadi brand ambassador untuk 16 perusahaan ternama, di antaranya Shinhan Bank, Prada, Homeplus, Tous Les Jours, Eider, Jo Malone London, Dinto, Jeju Air, dan lainnya.
Namun, akibat skandal ini, beberapa brand mulai menghapus jejak promosi yang menampilkan dirinya.
Ini daftar brand yang menghapuskan jejak promosi Kim Soo Hyun:
Baca Juga: Bungkam Bahrain 2-0, Timnas Jepang Jadi Tim Pertama yang Lolos ke Piala Dunia 2026
- K2 Korea dan Shabu All Day telah menghapus fotonya dari situs resmi.
- Dinto, brand kosmetik, mengumumkan penundaan semua aktivitas yang melibatkan Kim Soo-hyun.
- Tous Les Jours tidak akan memperpanjang kontrak yang habis pada akhir bulan ini.
Seorang insider industri Korea memperkirakan honor Kim Soo-hyun sebagai brand ambassador mencapai 700 juta hingga 1 miliar Won per tahun untuk setiap merek.
Dengan total 16 kontrak iklan, ia berpotensi menghadapi denda hingga 20-24 miliar Won (Rp225 miliar–Rp271 miliar).
Baca Juga: Respon Patrick Kluivert Usai Timnas Indonesia Diobok-obok Australia : Kami Kurang Beruntung
Fan Meeting Taiwan Terancam Batal
Selain masalah iklan, Kim Soo-hyun juga menghadapi kemungkinan ganti rugi dari event yang telah dijadwalkan.