Rabu, 31 Mei 2023

Perekonomian Terganggu, Warga Sukamakmur Keluhkan Dampak Pergeseran Tanah

- Kamis, 30 Maret 2023 | 15:06 WIB
Pengendara harus ekstra hati-hati melewati jalan retak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor akibat pergerakan tanah.
Pengendara harus ekstra hati-hati melewati jalan retak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor akibat pergerakan tanah.

RBG.ID-BOGOR, Dampak bencana alam pergerakan tanah di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, sangat dirasakan masyarakat setempat.

Pasalnya, pergeseran tanah ini membuat perekonomian masyarakat di sana terganggu. Akses yang terdampak pergerakan tanah merupakan akses utama masyarakat.

Tidak hanya itu, jalan tersebut merupakan jalur wisata serta jalur alternatif menuju kawasan Kabupaten Cianjur.

Baca Juga: Pergeseran Tanah di Sukamakmur Kembali Terjadi, Akses Jalan Warga Terputus

“Perekonomian masyarakat terganggu. Banyak masyarakat yang bertumpu pada jalan yang retak itu,” kata Kepala Desa Watesjaya, Ooy Tamami kepada Radar Bogor Kamis (30/3/2023).

Tidak hanya itu, Tamami memaparkan, untuk memenuhi kebutuhan di rumah hingga menuju fasilitas kesehatan, semua warga di Desa Wargajaya mengunakan jalan tersebut.

“Lebih dekat ke Cianjur. Jadi belanja kebutuhan atau ke rumah sakit itu pasti ke Cianjur,” paparnya.

Baca Juga: Pergeseran Tanah di Subang, Empat Rumah Warga Terancam Tergerus Longsor

Selain itu, mayoritas penduduk di Desa Wargajaya juga banyak yang bekerja di sektor pariwisata. Dengan kondisi jalan yang retak akibat pergerakan tanah ini berdampak bagi penghasilan masyarakat.

“Di sini kan jalur wisata, masyarakat juga banyak yang mengandalkan penghasilan dari kunjungan wisatawan, jadi ini sangat berdampak,” paparnya.

Ia berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor segera turun tangan memperbaiki jalan tersebut. Agar saat libur lebaran nanti sudah bisa dilalui kendaraan roda empat.

Baca Juga: Pastikan Jalur tak Terganggu Pergeseran Tanah, KA Pangrango Berjalan Normal Sesuai Jadwal

“Karena libur lebaran ini menjadi momen bagi masyarakat di desanya untuk mendapatkan penghasilan lebih baik ketimbang bulan lainya,” pintanya.

Sementara itu, Yani salah satu warga Desa Wargajaya meminta agar Pemkab Bogor segera turun tangan untuk memperbaiki jalan yang terdampak pergerakan tanah tersebut.

“Kami mohon segera diperbaiki. Kami bergantung pada kunjungan wisatawan juga ini menjadi akses utama masyarakat,” tukasnya. (all)

Halaman:

Editor: Alpin RBG

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X